PROFIL POKJANAL KECAMATAN ARCAMANIK

Bismillahirrohmanirrohim,

Kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan nikmat serta karunia-Nya kepada kita semua, sehingga atas ijinnya, kami dapat menyusun profil Pokjanal Kecamatan Arcamanik.

Shalawat set salam selalu dilimpahkan kepada nabi besar Muhammad SAW, kepada para keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya sampai akhir zaman termasuk kita semua semoga mendapat syafaat di yaumil akhir.

Alhamdulillah kami dapat menyampaikan laporan kegiatan Pokjanal Kecamatan Arcamanik dari bulan Januari sampai dengan bulan September 2018.

Semua yang dilakukan dan dilaksanakan berkat kerjasama Pokja Posyandu Kelurahan, PKP, Pokja IV Kecamatan dan Puskesmas  sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar

Tentunya dalam pembuatan laporan ini ada kekurangan oleh sebab itu kami mengharapkan saran dan masukan agar kami dapat melakukan perbaikan untuk masa yang akan datang.

Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan, atau wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait, dan sebagai pusat kegiatan masyarakat dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan keluarga.

Pokjanal  Kecamatan Arcamanik dibentuk berdasarkan Surat Keputusan tentang Pembentukan Pokjanal Kecamatan  yang dibuatkan oleh Camat Arcamanik

Tujuan Pokjanal Kecamatan yaitu :

  • Menyiapkan data dan informasi dalam skala tentang keadaan maupun perkembangan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan program Posyandu;
  • Menyampaikan berbagai data, informasi dan masalah kepada instansi/lembaga terkait untuk penyelesaian tindak lanjut;
  • Menganalisa masalah dan kebutuhan intervensi program berdasarkan pilihan alternative pemecahan masalah sesuai dengan potensi dan kebutuhan lokal;
  • Menyusun rencana kegiatan tahunan dan mengupayakan adanya sumber-sumber pendanaan untuk mendukung kegiatan pembinaan Posyandu;
  • Melakukan bimbingan, pembinaan, fasilitasi, advokasi, pemantauan, dan evaluasi pengelolaan program/kegiatan Posyandu secara rutin dan terjadwal;
  • Memfasilitasi penggerakan dan pengembangan partisipasi, gotong royong, dan swadaya masyarakat dalam mengembangkan Posyandu;
  • Mengembangkan kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan;
  • Melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan kepada Ketua Pokjanal Posyandu Kota Bandung.
  • Bertanggung jawab kepada CamatTop of Form

Tujuan Posyandu

  • Menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas.
  • Melayani kesehatan lanjut usia
  • Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.
  • Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga.

Manfaat Posyandu  

Ada beberapa manfaat Posyandu antara lain :

  1. Bagi anak remaja mereka dapat mengetahui bahwa usia perkawinan untuk wanita minimal 20 tahun sedangkan laki – laki 25 tahun.
  2. Bagi pasangan usia subur mereka dapat mengatur jarak kelahiran anak pertama, kedua, dan selanjutnya yaitu 5 tahun, dan untuk mengatur jarak kelahiran mereka dapat menggunakan alat KB yang cocok. Di samping itu mereka dapat mengetahui usia melahirkan yang baik yaitu di bawah 30 tahun untuk mengurangi resiko tinggi kelahiran.
  3. Orang tua/ Ibu dapat mengetahui manfaat KB yaitu, dapat meningkatkan kesehatan ibu dan anak, menurunkan angka kematian dan meningkatkan kesejahteraan keluargan.
  4. Bagi ibu yang mempunyai Bayi / Balita mereka dapat mengetahui manfaat ASI, manfaat Imunisasi, mengatur makanan / Gizi Bayi / Balita, mengetahui cara merawat bayi / balita serta dapat mencegah dan menanggulangi Diare.
  5. Bagi Ibu hamil mereka dapat mengetahui perkembangan kehamilannya seperti berat badan, kondisi janin, tekanan darah, serta mendapat penanganan khusus bila ada masalah tentang kehamilannya untuk mengurangi resiko tinggi saat melahirkan.

Adapun data dan potensi yang ada diwilayah kerja Pokjanal Kecamatan Arcamanik adalah sebagai berikut :

NO URAIAN JUMLAH
1. Jumlah RW 51 RW
2. Jumlah Posyandu 58 Psyd
  Posyandu Purnama 26  Psyd
  Posyandu mandiri 32 Psyd
3. Jumlah Posyandu yang mempunyai bangunan 36 Psyd
4. Jumlah Kader Posyandu 395 org
5. Jumlah Kader aktif 395 org
6. Jumlah Kader terlatih 365 org
7. Jumlah ibu hamil 182 org
8. Jumlah Bayi 599 org
9. Jumlah Balita 2486 org

*data per – bulan januari tahun 2019

Sebagai Pokjanal Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, kami telah melaksanakan berbagai kegiatan sesuai dengan program kerja yang telah kami buat sesuai dengan kebutuhan yang dalam pelaksanakaannya kita bekerjasama dengan petugas kesehatan Puskesmas Arcamanik, PKP Kecamatan, Ketua Poja IV Kecamatan dan Pokjanal Kecamatan.

Kegiatan yang telah dilakukan dari bulan Januari sampai bulan September 2018 antara lain:

  1. Rapat Koordinasi Pokjanal kecamatan Arcamanik

        Dengan tujuan untuk menyusun program kerja pokjanaldan meningkatkan kinerja pokja posyandu kelurahan

  • Kegiatan Sosialisi Posyandu

        Dengan tujuan untuk meningkatkan pelaksanaan kegiatan posyandu kepada semua kader posyandu se kecamatan Arcamanik

  • Pembinaan Posyandu

        Bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan kegiatan posyandu dan memberikan motivasi serta semangat kepada para kader posyandu supaya pelaksanaan posyandu semakit bagus ladi ssaran D/S nya.

  • Lomba Posyandu

        Untuk mengevaluasi pelaksanaan posyandu se kecamatan Arcamanik supaya kader posyandu semakin belomba-lomba untuk menjadikan posyandu yang lebih baik lagi.

  • Sosialisassi Multifungsi Posyandu

        Dengan harapan bahwa Posyandu menjadi center of excellecen (pusat keunggulan) semua kegiatan ada diposyandu

  • Kampanye Posyandu

        Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhdap posyandu, karena posyandu merupakan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan, atau wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait, dan sebagai pusat kegiatan masyarakat dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan keluarga.

  • Jambore kader Posyandu

Bertujuan meningkatkan kebersamaan dan koordinasi serta motivasi antar Kader Posyandu juga dalam rangka mensosialisasikan berbagai program yang berkeitan dengan Posyandu.

Adapun laporan jumlah balita pada Pokjanal adalah sebagai berikut :

  1. Bulan Januari
No Data Jumlah Persentasi
1 Jumlah bayi (0-11 bln)    
2 Jumlah balita (12-59 bln)    
3 Jumlah  balita yang ditimbang   70,83 %
  • Bulan Februari
No Data Jumlah Persentasi
1 Jumlah bayi (0-11 bln)    
2 Jumlah balita (12-59 bln)    
3 Jumlah  balita yang ditimbang   100 %
  • Bulan Maret
No Data Jumlah Persentasi
1 Jumlah bayi (0-11 bln)    
2 Jumlah balita (12-59 bln)    
3 Jumlah  balita yang ditimbang   85,41 %
  • Bulan April
No Data Jumlah Persentasi
1 Jumlah bayi (0-11 bln)    
2 Jumlah balita (12-59 bln)    
3 Jumlah  balita yang ditimbang   82,96 %
  • Bulan Mei
No Data Jumlah Persentasi
1 Jumlah bayi (0-11 bln)    
2 Jumlah balita (12-59 bln)    
3 Jumlah  balita yang ditimbang   83,70 %
  • Bulan Juni
No Data Jumlah Persentasi
1 Jumlah bayi (0-11 bln)    
2 Jumlah balita (12-59 bln)    
3 Jumlah  balita yang ditimbang   87,40 %
  • Bulan Juli
No Data Jumlah Persentasi
1 Jumlah bayi (0-11 bln)    
2 Jumlah balita (12-59 bln)    
3 Jumlah  balita yang ditimbang   91,40%  
  • Bulan Agustus
No Data Jumlah Persentasi
1 Jumlah bayi (0-11 bln)    
2 Jumlah balita (12-59 bln)    
3 Jumlah  balita yang ditimbang    
  1. Bulan September
No Data Jumlah Persentasi
1 Jumlah bayi (0-11 bln)    
2 Jumlah balita (12-59 bln)    
3 Jumlah  balita yang ditimbang    

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas ijin-Nya kami dapat menyelesaikan Profil Pokjanal Kelurahan. Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung.

Dalam melaksanakan kegiatan pokjanal dalam rangka  Membina dan mengkoordinasikan posyandu yang ada di Kecamatan Arcamanik supaya dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada balita ataupun lansia. kami menyadari masih banyak kekurangan, demikian pula dalam penyusunan Profil ini masih terdapat kekurangan, mudah mudahan untuk kegiatan pelayanan dan laporan selanjutnya kami dapat memperbaikinya ke arah yang lebih baik. Atas segala bantuan dan kerjasama serta bimbingan dari petugas Puskesmas, bidan, TP PKK dan semua pihak yang telah membantu, kami ucapkan terimakasih, dan tidak lupa Juga kepada para orang tua yang telah hadir memeriksakan balita serta lansia yang datang tiap bulan, semoga menjadi kebaikan yang dibalas Allah SWT, serta mudah mudahan Allah SWT selalu memberikan kesehatan kepada kita semua, Aamiin.

error: Content is protected !!